Kamis, 15 Januari 2009

Cerita Klasik

Satu lagi cerita yang akan saya hadirkan disini . Mungkin Banyak yang pernah membaca atau mendengar cerita ini ,tapi menilai dari palajaran yang tersirat didalamnya maka saya memutuskan menuliskannya disini.


cerita ini mengisahkan tentang seekor Kura-kura yang sangat bawel , setiap dia bertemu dengan hewan lain maka dia akan menceritakan berbagai hal.. sampai berjam-jam tanpa jeda. karena sifatnya itulah setiap hewan lain kalau melihat dia segera menghindar . Dia menyadari bahwa semua penghuni hutan selalu menjauhinya sehingga dia merasa sangat kesepian. Pada suatu hari datanglah serombongan burung angsa ke hutan itu. diantara rombongan itu terdapat dua ekor burung yang merasa kasihan dan prihatin pada sang Kura-kura. maka ke dua angsa itu menghampiri sang kura-kura yang sedang melamun di tepi sungai. "Selamat siang Pak Kura-kura" sapa sang angsa. Kura-kura kaget dan tersenyum bahagia menyadari ada yang menghampirinya " Selamat siang dan selamat datang Saudara ku"jawabnya. Angsa berkata "Sedang apa anda sendiri disini saudara ku. sepertinya anda banyak pikiran?". "Saya sedih , saya kalau berjalan begitu lamban , dan semua teman2 menjauhi saya, saya merasa sangat kesepian.Andai saya bisa terbang seperti Anda saya akan meninggalkan tempat ini dan berpetualang ke berbagai tempat. Namun itu semua hanya Impian bagi saya. "seperti yang Anda berdua tahu, saya hidup disini sudah lama, jadi....................................." Sang kura-kura bercerita selama berjam-jam. tanpa hentinya berkeluh kesah . Sang Angsa mendengar terus sekalipun sudah merasa sangat bosan namun mereka merasa tidak tega meninggalkan si Kura-kura yang kesepian tersebut. lalu sang Angsa berkata " Begini saudara ku asalkan engkau mau berjanji untuk tidak membuka mulutmu sampai kami mengijinkan,Bagaimana? Kamu sanggup?"


Sang Kura-kura segera mengangguk dan menjawab "Saya bisa . seperti anda tahu kami bangsa kura-kura dapat menutup mulut kami dengan sangat kuat dan lama. sepanjang sejarah kami,........... " dan dia kembali bercerita selama satu jam lebih . Sang Angsa menjawab " Kami akan membawa kamu keluar dari tempat ini." Lalu sang Angsa pergi dan kembali dengan membawa sepotong dahan Pohon. Lalu mereka menyuruh sang Kura-kura menggigit pada batang kayu tersebut. "jangan engkau lepaskan gigitan pada batang itu temanku,kami akan membawa mu terbang meninggalkan tempat ini." Lalu kedua Angsa itu terbang sambil menggigit batang pohon itu dengan paruhnya. Sang Kura-kura sangat gembira karena impiannya untuk terbang tercapai. Lalu tibalah mereka diatas suatu perkampungan,saat terbang melintas diatas beberapa anak kecil, mereka mendapat sorakan dari anak anak tersebut."Lihat ada Kura-kura Bodoh Terbang !!!" dan anak-anak itu terus berteriak sambil menunjuk mereka. Sang Kura-kura sangat marah dan tidak terima disebut Bodoh. Lalu dia menjawab" Siapa Yang Bodoh ???"...OOhhhhhh" Dia baru tersadar bahwa dia telah melanggar janjinya untuk tidak membuka mulut dan menyebabkan akibat yang fatal baginya...Dia terjatuh dari ketinggian dengan penuh penyesalan...........

2 komentar:

  1. dalam otak aku, berjuta-juta nama dah aku panggil dalam satu masa yang sangat singkat. Aku cuba mengingati nama gadis ini. Aku yakin sangat aku kenal dia. Tapi bila?

    BalasHapus