Kamis, 12 Maret 2009

White day dan Me..???

Setelah melewati beberapa hari yang melelahkan karena banyaknya kerjaan, sampailah hari ini dimana kesempatan saya Off dari jobdesk maka saya mencoba membuat atau menuangkan beberapa kata-kata yang mungkin akan memberi sedikit tambahan informasi yang saya dapat dari sini membahas tentang perayaan yang dirayakan pada tanggal 14 Maret yang disebut White day.
Apa sih White Day itu..??
White day (Hari Putih) adalah hari memberi hadiah untuk wanita yang jatuh tanggal 14 Maret. Perayaan ini berasal dari Jepang dan bukan tradisi Eropa atau Amerika. Hadiah berupa marshmallow atau permen diberikan sebagai balasan atas hadiah cokelat yang diterima pria sebulan sebelumnya di Hari Valentine. Di zaman sekarang, hadiah yang diberikan untuk wanita yang disenangi dapat berupa bunga, saputangan, perhiasan, atau barang-barang lain yang disukai wanita.

Pertama kali dirayakan tahun 1980 di Jepang, perayaan ini sekarang juga dirayakan di negara Korea Selatan, Taiwan, Hong Kong, dan Indonesia. Perayaan White Day berawal dari strategi koperasi produsen permen Jepang yang ingin meningkatkan penjualan permen. Bahan baku permen adalah gula yang berwarna putih (white) sehingga disebut White Day. Ide perayaan diambil dari "Hari Marshmallow" yang merupakan acara promosi kue marshmallow Tsuru no ko yang diadakan toko kue di kota Fukuoka.

Mungkin sebagian orang tidak mengetahui adanya perayaan ini karena tidak seramai perayaan Hari Valentine . Darimana asalnya perayaan Hari Putih atau White day ini?

Di Hari Valentine, wanita dari berbagai kelompok umur di Jepang memiliki tradisi memberi hadiah cokelat kepada pria yang disenangi, teman sekolah, rekan kerja, pacar, ayah, atau suami. Pria yang menerima cokelat berkeinginan membalasnya, dan niat ini disambut pedagang permen di sekitar pertengahan tahun 1970-an dengan mencetuskan ide "hadiah balasan" berupa kue kering, marshmallow, atau permen.

Strategi penjualan permen sebagai "hadiah balasan" ternyata berhasil meningkatkan angka penjualan, sehingga koperasi produsen permen nasional wilayah Kanto menetapkan 14 Maret sebagai "White Day". Di tahun 1978, koperasi produsen permen menciptakan slogan untuk White Day sebagai "hari untuk mengirim permen". Setelah dipersiapkan selama 2 tahun, perayaan White Day yang pertama dilangsungkan secara nasional di Jepang pada tahun 1980.


Nah bagi saya Pribadi perayaan hari White day ini memiliki arti lebih khusus dan cenderung bersifat pribadi .. karena biasanya pada hari ini saya akan merenung dengan penuh rasa syukur dan sangat berterima kasih kepada Kedua Orang tua saya karena saya mengenang perjuangan Seorang Wanita yang meregang nyawa pada sekitar seperempat Abad yang lalu dengan segala daya upaya memperjuangkan Hak untuk kehidupan saya , dan merupakan hari dimana saya pertama kali menikmati udara di dunia ini. ha..ha..ha... Ya benar Hari Ulang Tahun saya tepat pada perayaan White Day atau Tanggal 14 Maret ini ...










6 komentar: