Minggu, 22 Maret 2009

Televisi...??? mendidik..??



Setelah cukup lama terdiam tanpa adanya postingan , maka saat ini saya mencoba menulis sedikit tentang Bagaimana kita harus menyikapi tayangan televisi.Saat ini sebuah televisi bukan lagi barang mewah namun sudah merupakan suatu barang umum yang bagi sebagian orang sudah hampir menjadi rutinitas. Kita sering menonton acara dari televisi terutama berita ,memang tujuan adanya berita itu tak lain tak bukan menyebarkan Informasi, namun apakah dari semua berita tersebut memberi kita suatu motivasi untuk lebih baik ??
kalau menurut saya saat ini banyak sekali tayangan televisi yang tidak patut di tayangkan. kenapa? soalnya saya sering melihat siaran tv yang mengajarkan masyarakat untuk tindak kriminal atau menjurus ke arah tersebut. saya akan menjelaskan beberapa contoh yang saya maksud menjurus tersebut ..

1. Acara berita kriminal tentang Curanmor yang sangat marak di zaman ini, bukankah itu suatu tindak kriminal yang sangat meresahkan kita, namun siaran tv dengan tidak segan-segan menayangkan saat reka-ulang dengan menampilkan bagaimana "trik" para pelaku curanmor dan disertai dengan alat-alat yang dibutuh kan, sungguh ironis bukan ....

2.Apabila ada kasus narkoba , maka dengan tanpa segan akan ditayangkan bagaimana pembuatan dan bahan bahan yang diperlukan untuk membuatnya. Apakah cara ini akan membuat berkurangnya produksi Narkoba..??

3. pernah sekali waktu saya menonton tentang penipuan oleh tukang Buah (Durian) disiarkan pada stasiun tv dan di sebutkan bagaimana cara nya dan bahan racikannya . Nah apakah ini mendidik secara Positif..???

Nah ketiga contoh diatas hanya sedikit dari berbagai efek negatif dari siaran televisi saat ini, Akan kemanakah tujuan dari penayangan suatu acara..??
Semua ini hanyalah buah pikiran dari saya yang Awam, Saya yakin banyak Tayangan Tv yang mendidik .. tapi alangkah baiknya bila hal-hal seperti yang saya singgung diatas di pertanyakan kelayakannya ditayangkan....






7 komentar:

  1. televis selalu mnjadi media elektronik yang sngat mnarik untuk di simak.

    BalasHapus
  2. Televisi adalah salah satu produk yang memang dengan sengaja diciptakan oleh kaum barat. TV adalah bentuk neo imperialisme. Lewat TV kita dapat mempengaruhi orang, memperdayakan orang, bahkan mampu menyuntikkan ideologi2 yg sesat.

    BalasHapus
  3. Segalanay ada sisi baiknya dan sisi burukny...
    Oleh sebeb itu kita dianugrahi akal pikiran untuk memutuskan akan pilih yang mana :)

    BalasHapus
  4. semuanya tergantung " man behind the gun" nya. bukan salah tv nya sih

    BalasHapus
  5. kalau disimak...banyak yang negatifnya dari pada yang positif...oleh karena itu..pintar-2 pintarlah kita mengatur waktu...jangan sampai kita diperbudak oleh tayangan TV

    BalasHapus
  6. Televisi memang media elektoronik sangat crucial sebagai instrumen edukatif

    BalasHapus
  7. Di era globalisasi ini, televisi merupakan salah satu benda yang mudah ditemukan. Setiap Keluarga di Indonesia pasti punya televisi.

    BalasHapus