Rabu, 27 Januari 2010

Kegelapan Batin

Cukup lama terdiam dan terpisahkan dari dunia Blog , ada sedikit rasa kangen yang terasa yang mendorong Ruang kita untuk berusaha kembali menuangkan tulisan ini, semoga sedikit kutipan tulisan ini dapat memberi manfaat bagi kita ,


“ Kegelapan Batin “

Bukan hanya kebencian dan keserakahan yang silih berganti mempengaruhi manusia,tetapi sumber keserakahan dan kebencian itu menampakkan diri dengan jelas dalam mempengaruhi banyak orang. Sumber dari semua itu adalah kegelapan batin. Tidak ada lagi cahaya terang dalam berpikir,berkata,dan berbuat. Kegelapan batin ini membuat manusia tidak dapat membedakan mana yang baik dan berguna , juga mana yang tidak baik dan merugikan. Kegelapan batin ini membutakan banyak orang dari kebaikan dan lalu menganggap kejahatan sebagai sebuah hal yang lazim.

Dalam kegelapan batin,maka nafsu mendapat kenikmatan materi yang lebih banyak dan mudah sekalipun diraih dengan cara yang merugikan atau bahkan menghancurkan hidup orang lain menjadi obsesinya. Fenomena tentang tidak sadarnya seseorang melakukan tindak kejahatan sehingga tiada rasa bersalah, bahkan sebaliknya merasa bangga dan puas akan keberhasilannya itu, Sungguh sangat memprihatinkan.
Kegelapan batin tidak hanya membuat jiwa menjadi gelap,tapi juga menimbulkan keonaran dalam keluarga,kericuhan dalam masyarakat,kekerasan,kekejaman,pelecehan hukum dan juga pembunuhan. Kegelapan batin yang bersekutu dengan kekuasaan,senjata bahkan teknologi akan sangat menghancurkan. Bahkan sering kali dengan dalih membela kebenaran,menegakkan keadilan,membangun demokrasi, menjaga hak asasi,ataupun mencintai Agama. Kegelapan batin mendorong terjadinya tindak kekerasan karena seolah mendapat pembenaran,tapi akibatnya sangatlah fatal. Bumi seolah menangis menyaksikan perilaku umat manusia dalam amuk kegelapan.
Akan tetapi masih adakah harapan bagi kedamaian??? Tentu !! Setiap Umat beragama harus memiliki harapan itu,betapapun lemahnya cahaya kebenaran. Keserakahan ,kebencian dan kegelapan Batin itu berasal dari dalam diri setiap orang. Betapapun sulit dan lemahnya cahaya kebenaran itu tetap merupakan kewajiban setiap Umat beragama untuk membangun dan mengukuhkan keyakinan atas tanggung jawab dari tiap perbuatannya. Sikap menghargai tiap kehidupan ,mencintai sesama manusia,menerima perbedaan sebagai realitas kehidupan harus menjadi tema utama pendidikan seutuhnya.
Sungguh tidak mudah menembus kegelapan batin dengan kasih sayang bagi semuanya.Tetapi , marilah kita mengajak diri kita sendiri dulu untuk berkomitmen yang kuat dan terus menerus berlatih untuk mengusir kegelapan batin dengan kasih sayang. Tanpa adanya komitmen yang kuat dan latihan mental yang terus menerus,kegelapan batin ini tidak akan mungkin dapat hilang hanya dengan menampilkan symbol-simbol,ritual,ataupun wacana-wacana keagamaan semata. Dengan memulai dari diri sendiri, kita memberikan teladan pada keluarga dan pada lingkungan serta semua orang.

Semoga dengan sedikit kutipan wacana ini dapat memberi kita sedikit titik terang akan fenomena-fenomena alam yg selalu terjadi akhir-akhir ini, dan mendorong kita untuk lebih mau berinstropeksi diri kedalam dan bukan keluar, karena dasar dari perubahan adalah dari diri perorangan.






272 komentar:

  1. semoga rakyat Indonesia dan smua ummat di muka bumi ini sadar, tidak gelap batinnya..

    BalasHapus
  2. semua tergantung dari pribadi masing2, hidup hanya berdiam diri atau hidup untuk melakukan sesuatu yang berguna....
    Lifestyle Inspiration

    BalasHapus
  3. A hate crime (also known as a "bias-motivated crime") generally refers to criminal acts which are seen to have been motivated by hatred of one or more of the listed conditions. Incidents may involve physical assault, damage to property, bullying, harassment, verbal abuse or insults, or offensive graffiti or letters (hate mail)

    BalasHapus
  4. Those who commit hate crimes target victims because of their perceived membership in a certain social group, usually defined by racial group, religion, sexual orientation, disability, class, ethnicity, nationality, age, gender, gender identity, or political affiliation.

    BalasHapus
  5. Hate speech is speech perceived to disparage a person or group of people based on their social or ethnic group,[7] such as race, gender, age, ethnicity, nationality, religion, sexual orientation, gender identity, disability, language ability, ideology, social class, occupation, appearance (height, weight, skin color, etc.), mental capacity, and any other distinction that might be considered by some as a liability.

    BalasHapus
  6. The neural correlates of hate have been investigated with an fMRI procedure. In this experiment, people had their brains scanned while viewing pictures of people they hated. The results showed increased activity in the medial frontal gyrus, right putamen, bilaterally in the premotor cortex, in the frontal pole, and bilaterally in the medial insula of the human brain. The researchers concluded that there is a distinct pattern of brain activity that occurs when people are experiencing hatred.

    BalasHapus
  7. Sangat setuju bahwa dasar perubahan itu datangnga dari diri kita sendiri, tanpa ada kemauan dan keinginan dari diri kita sendiri, akan sangat sulit untuk kita bisa berubah....

    BalasHapus
  8. sangat mengesankan baca tulisan Anda.... mending dibuat buku saja broo

    BalasHapus
  9. I just wana say that always try to look on the brighter side. Never go for dark side of a thing. It can destroy your hopes.

    BalasHapus
  10. I have been facing trouble in translating coz my google translator is not working now. Can anyone help me to fix this problem.

    BalasHapus
  11. semoga dengan catatan ini bisa merubah orang2 yang baca aminnnn

    BalasHapus
  12. komitmen memang perlu, bagus ni artikel tentang kegelapan batin nya

    BalasHapus
  13. Great article ...Thanks for your great information.I will be waiting for your next post......and horas..:)

    BalasHapus
  14. batin gelap, akal kalap, wahhh. bisa jadi apa hidup ini?

    BalasHapus
  15. nice blog.. :)
    visit me @

    http://yusri-outsider.blogspot.com
    http://www.fk-unhas.co.cc

    BalasHapus
  16. thnks infonya sob sukses selalu yah...
    terus berjuang sob..

    BalasHapus
  17. cuaca gelap, hati juga gelap, bisa tambah bahaya tuh....

    BalasHapus
  18. Hi,
    You have post good information.

    BalasHapus
  19. Hindarilah aku dari kegelapan batin untuk itu jagalah hati ini...

    BalasHapus
  20. inspirasi yang bagus buat introspeksi diri

    BalasHapus
  21. Postingan yang menarik dan memberi inpirasi buat introspeksi diri.

    BalasHapus
  22. cuaca gelap, hati juga gelap, bisa tambah bahaya tuh....

    BalasHapus
  23. Postingan yang menarik dan memberi inpirasi buat introspeksi diri

    BalasHapus
  24. kalau gelap batin jiwa harus terang,semoga artikelnya bermanfaat bagi sesama

    BalasHapus
  25. Batin yg sudah gelap masih bisa diterangi kembali, asal semua memiliki sifat saling mencintai. Blog anda bagus bgt bos, keren isinya, good job for you! Thanks,

    BalasHapus
  26. Walaupun judlnya sangat ilmiah,tapi saya anggap posingannya mas sangat menyentuh dan berinsiatif untuk berbagi.

    BalasHapus
  27. I can't read this blog because my google translator is not working now. Is there any other tool available which can translate this blog for me?

    BalasHapus
  28. It’s hard to find knowledgeable people on this topic, but you sound like you know what you’re talking about! Thanks

    BalasHapus
  29. semua tergantung dari pribadi masing2, mau tetap disini atau pergi dan berlari kesana

    BalasHapus
  30. It helped me with ocean of knowledge so I really believe you will do much better in the future I appreciate everything you have added to my knowledge base.Admiring the time and effort you put into your blog and detailed information you offer!

    BalasHapus
  31. I would say that this is one of the best article about such topic> I m sure you are doing many research before start writing

    BalasHapus
  32. mantab artikelnya heheh ,.. duh bikin terharu nih ~_~:'

    BalasHapus
  33. Wah mantap infonya mampir yach nanti ketempat saya biar bisa saling berbagi dan mengisi di Ge-Books | Gallery Ekspresi

    BalasHapus
  34. Great post. Thanks for the helpful cheat sheets. Now maybe I'll get my head wrapped around this stuff. Probably not, but it's a goal. Gotta have them goals.

    BalasHapus
  35. salam kenal aja gan. makasih

    BalasHapus
  36. blogwalking aja gan. salam kenal

    BalasHapus
  37. Ikutan baca aja mas, bingung mo komen apaan, salam kenal

    BalasHapus
  38. Saatnya lampu terang itu kita dapatkan dari org terdekat kita yang selalu menyuport kita.

    BalasHapus
  39. sucikan diri dan kunjungilah : http://www.nathansaputra.com

    BalasHapus
  40. putihkan hati dan terangi kegelapan dengan secercah harapan. do someting for the best.
    http://www.ac-m1lan.blogspot.com (AC MILAN)
    http://www.fidashop.co.cc (Grosir Sepatu Futsal)

    BalasHapus
  41. artikel yang baus bro...dibikin e book aja..saya yakin banyak netter yg mau membacanya...sukses

    BalasHapus
  42. Betul mas..Jangan memasukkan dunia ke dalam hati kita..dunia cukuplah ada dalam genggaman kita saja

    BalasHapus
  43. Kalau gelap hati dan batin sich enggak, karena aku ini cuma gelap mata pencaharian, maaf bos ni aku lagi nganggur

    BalasHapus
  44. makin mendekatkan diri kepada sang pecifta,itu merupakan salah satu obat manjur untuk menjadikan hati kita lebih terang

    BalasHapus
  45. Cheap Lion King Tickets I always learn something new from your post!Great article. I wish I could write so well……..

    BalasHapus
  46. im like this posted ... very usefull babe

    BalasHapus
  47. Renungan yg menarik tentang “ Kegelapan Batin “

    BalasHapus
  48. Dibalik “ Kegelapan Batin “terkadang erselubung “ Kecerahan Batin “

    BalasHapus
  49. Kegelapan itu akan terang dengan kehadiran sang bintang ditengah2 kita, mari kita sucikan diri untuk membuka kegelapan bathin....
    my partner site :
    http://www.ac-m1lan.blogspot.com (AC MILAN INDONESIA)
    http://www.erwanshop.blogspot.com (Grosir Baju Pria)
    http://www.lusihan.com (Grosir Aksesoris Wanita)

    BalasHapus
  50. sucikan diri bersihkan hati....

    BalasHapus
  51. suci dan bersihkah jiwa mu???????

    BalasHapus
  52. semua itu tergantung usaha yang kita lakukan )

    BalasHapus
  53. nice artikel.btw blm posting baru nich sob.lg sibuk ya

    BalasHapus
  54. maksih ats post nya
    i like it

    BalasHapus
  55. saran saja sih. sinetron2 Indonesia yang sering menonjolkan sifat diatas mending dihentikan saja, karena secara tidak langsung sebenarnya itu sangat mempengaruhi juga looooooooooh

    BalasHapus
  56. semua tergantung dari pribadi masing2, hidup hanya berdiam diri atau hidup untuk melakukan sesuatu yang berguna....

    BalasHapus
  57. Didalam kegelapan itu tersimpan jutaan cahaya yang akan menerangi setiap sudut kegelapan itu...
    http://www.nathansaputra.com (SEO Services)
    http://www.fidashop.co.cc (Sepatu Futsal Murah)
    http://www.renewmyenergy.com.au (Solar Panels)

    BalasHapus
  58. setuju banget, kalo bisa, jangan sampai kita mengalami kegelapan batin

    BalasHapus
  59. Thanks for the bunch of good resourceful site.I really appreciate your blog,you have done the great job.hey your blog design is very nice, clean and fresh and with updated content, make people feel peace and I always like browsing your site.

    BalasHapus
  60. kegelapan adalah suatu jalan yang memang tidak baik.
    jadi semoga saja kita dapat yang terbaik

    BalasHapus
  61. Artikel menarik, terima kasih telah bebagi :)

    BalasHapus
  62. Terima kasih sharingnya, semoga terus berkembang ilmunya :)

    BalasHapus
  63. Postingannya bermanfaat, terus berkarya terus berbagi. Smangat !!! :)

    BalasHapus
  64. Semoga terus memberikan menfaat melalui postingan blognya, terima kasih banyak :)

    BalasHapus
  65. Dapat ilmu lagi dari postingan ini, terima kasih :)

    BalasHapus
  66. Mantaab sekali postingannya !! :D

    BalasHapus
  67. Artikel yang sangat menarik dan bisa mencerahkan :)

    BalasHapus
  68. wah nice info nich yg udah ketemu :) oia, jika berkenan mohon tukeran link ya mas, saya sudah pasang kok linknya mas di blog ane, silakan dibalas ok saya tunggu . makasie sebelumnya mas :D

    BalasHapus
  69. menyedihkan sekali,,sabar ya temen,,,

    BalasHapus
  70. ikut simak juga,,ditunggu balsannya,,,owh ya,,link mas sudah digubuk sya,,ditunggu balsannya ya

    BalasHapus
  71. mantep dah artikelnya :)
    keep posting yaaa

    BalasHapus
  72. boleh juga renungan diatas....keep bloging brow

    BalasHapus
  73. Mungkin Anda mencari seo Memimpin ICtquotes.com.au kami akan memberikan Anda memimpin serta Vendores untuk ITservices, Cobalah layanan kami atas minat Anda.

    BalasHapus
  74. segala sesuatunya harus dimulai dari diri sendiri...

    BalasHapus
  75. Thanks for sharing.. very useful for me i will bookmark this for my future needs. Thanks

    BalasHapus
  76. Excellent Post! I wondered by watching the beauty of this pictures and its creativity.

    BalasHapus
  77. yups betul mas...
    perubahan dimulai dari diri kita sendiri, dan ketenangan juga berawal dari hati kita, jikalau hati ini sakit maka akan sakit semua, hidup tidak akan tenang walaupun harta berlimpah...

    BalasHapus
  78. This is my first time to read your site. I tell more about this. Just perfect. Want to another one. Thanks
    Cheap Cirque Du Soleil Michael Jackson The Immortal Tickets

    BalasHapus
  79. sekarang itu jaman ngak kayak dulu....skarang jaman nya cari uang dimana ada kesempatan keserakahan yang brkedok bantuan pun semakin ada2saja...manusia munafik dengan uang ketika orang itu di ekspos atau mendapat perhatian orang....

    BalasHapus
  80. kegelapan hati dan rasa mencintai bukan untuk orang lain tpi untuk diri sendiri sulit di lepaskan....

    BalasHapus
  81. kasin blog ini terlantar gak bertuan
    balik donk mas, eman-eman

    BalasHapus
  82. mari kita bekali diri dan generasi muda kita dg iman dan taqwa agar tdk gelap batin.

    BalasHapus
  83. ahir ahir ini memamg sering terjadi fenomena fenomena alam,,,perubahan memang terjadi atas kesadaran kita sendiri,,,makasih

    BalasHapus
  84. postingan yang menarik dan tentunya sangat m embangun motivasi untuk kita bisa berubah menjadi lebih baik,,,makasih dan sukses slalu,,,

    BalasHapus
  85. nice post..marilah setidaknya dari diri masing2 untuk berubah menjadi lebih baik..

    BalasHapus
  86. walpun sedikt Info yg anda kasih tpi mudah2n berguna tuk semuanya...
    dan jgn sampai batin kita tertup/gelap karena hal2 yg dapat merugikan.....
    salam kenal gan ...good luck

    BalasHapus
  87. Wow, nice post,there are many person searching about that now they will find enough resources by your post.Thank you for sharing to us.Please one more post about that..
    amazon affiliate script
    amazon associate
    amazon affiliate

    BalasHapus
  88. artikelnya bagus sob...
    ijin nyimak....

    BalasHapus
  89. Positif thinking dan terus semangat sob, biar gak gelap batinnya

    BalasHapus
  90. di mana-mana ada bencana akibat tangan-tangan jail dari manusia itu sendiri, mari merenung dan tafakur tuk menciptakan perubahan yang lebih baik,,,sesungguhnya itu hanyalah sedikit teguran dari yang maha kuasa

    BalasHapus
  91. kegelapan batin hanyalah bagian dari perjalanan hidup kita,lebih banyak mengucap syukur dan tetep tawakal pada ilihi akan lebih baik

    BalasHapus
  92. Kita harus ttp bersabar dalam smua nih....kita harus sllu mendekt ke pada allah swt...mudah2an Umat manusia di bumi tidak gelap batin nya lagii

    BalasHapus
  93. mudah2n tiada lagi kegelepan batin...yg sllu membuat org berbuat yg kgk benar....
    salam kenal good luck

    BalasHapus
  94. I read the post. thanks for good update here.

    BalasHapus
  95. good to Article...karena kegelapan batin dapat merugikan diri sendri n Org banyak salam kenal gan

    BalasHapus
  96. semua tergantung dari pribadi masing2, hidup hanya berdiam diri atau hidup untuk melakukan sesuatu yang berguna....

    BalasHapus
  97. benar gan org bisa gelap batin karena harta n kekayann..
    mudah2an,thanks gan Info nya salam kenal...

    BalasHapus
  98. thanks gan benar gan mulai zaman sekarang dah banyak org yg gelap batinya karena harta dll...
    thanks gan Info nya salam kenal

    BalasHapus
  99. thanks gan Info n certa nya sangt menyentuh....salam kenal good luck always

    BalasHapus
  100. semua tergantung dari pribadi masing2, hidup hanya berdiam diri atau hidup untuk melakukan sesuatu yang berguna untuk diri kita maupun orang lain,,,,,,salam kenal aja......................

    BalasHapus
  101. dah banyak gan di dunia ini yg gelap batinnya karena harta dll...
    salam kenal ajj

    BalasHapus
  102. emang hidup perlu perenungan biar kita bisa instrospeksi diri sendiri

    BalasHapus
  103. Agar mendapat ketenangan batin, coba lebih dekatkan diri kepada Allah. Ini lebih mmembuat diri kita tenang dan batin kita tentram.
    ini adalah resep pribadi saya, silahkan coba....

    BalasHapus
  104. benar gan smua kegalapan batin di butakan karna harta dll
    benar gan Untuk mendapatkan ketenangan batin kita coba dekatkan diri kepada alla swt

    BalasHapus
  105. nice to article smoga semua umat manusi di dunia nih sadar dan tidak gelap batin nya,thanks gan Info nya salam kenal...

    BalasHapus
  106. harta dapt bisa membuatkan kegelapan batin,
    mudah2an smua umat manusia tidak gelap batin karena harta...
    salam kenal good luck

    BalasHapus
  107. wah pemilik blog ini sastrawan banget deh

    by Pejantan Tanggung

    BalasHapus
  108. Sangat setuju bahwa dasar perubahan itu datangnga dari diri kita sendiri, lam kenal aj,,,,

    BalasHapus
  109. "intropeksi diri untuk berubang" thx

    BalasHapus
  110. artikel yg sangat mencerahkan... thanks gan!!

    BalasHapus
  111. setipa cobaan pasti da hikmahya dan pasti akan ada jalan keluarya,karena tuhan lebih tau tentang umatya,,,,,,,,

    BalasHapus
  112. itu semua tergantung dari diri sendiri. usahakan agar tuhan selalu dekat dengan kita

    BalasHapus
  113. harta dapt bisa membuatkan kegelapan batin,
    mudah2an smua umat manusia tidak gelap batin karena harta...
    salam kenal good luck

    BalasHapus
  114. apakah suatu saat kita menemukan terang ?

    BalasHapus
  115. sebuah renungan bwt kita smua,,,, nice postingan nya
    like it

    BalasHapus
  116. moga kita bisa menjadi orang yang lebih baik lagi dan terangi batin ini dengan hal yang positiv,

    BalasHapus
  117. mari kita renungkan sejenak dengan memikirkan kejadian kejadian yang terjadi ahir ahir ini ,itu hanya sebagian kekuasaan Tuhan,,moga kita bisa sadar akan smua itu,

    BalasHapus
  118. miscarriage at 8 weeks makasih banget informasinya....ku tunggu info selanjutnya...

    BalasHapus
  119. subhanaallah mudah2an tak ada lagi yg gelap batinnya slaam kenal

    BalasHapus
  120. Well this is something nice to share on facebook.Makesme look like a researcher

    BalasHapus
  121. salam kenal semuanya mampir buat sahabat blogger, mohon kritik dan sarannya soalnya baru bergabung dengan blogger mania. saya tunggu kehadirannya.

    BalasHapus
  122. he he , nama blognya unik dan original ,..isinya juga sesuai dengan isi hati dari blognya..salam sesama blogger :)

    BalasHapus
  123. sangat bermanfaat ilmunya makasih sob,,,,,,

    BalasHapus
  124. It was really nice to study your post. I collect some good points here. I would like to be appreciative you with the hard work you have made in skill this is great article. Capsiplex Slimming Pills

    BalasHapus
  125. Thanks .... really the information I wait for further info ...

    BalasHapus
  126. Its Very Interesting.. Iam Will Try

    Thank
    Peluang Usaha

    BalasHapus
  127. kalau ada secercah cahaya, kegelapan yang paling pekatpun setidaknya akan sedikit berpendar...
    :)

    BalasHapus
  128. wah bagus banget neh artikelnya. bermanfaat untuk kita supaya bs berintropeksi diri. thanks

    BalasHapus
  129. semua tergantung dengan pribadi kita sendiri dan tinggal bagaimana kita menyikapi semua yang terjadi,,,,

    BalasHapus
  130. Ya Alloh... ampuni dosa-dosaku di hari ini...

    BalasHapus
  131. jangan sampai batin kita gelap ya gan...

    BalasHapus
  132. info yang sangat bermanfaat...
    mari kita harus bisa merubah pelan "
    diri kita...
    :)

    BalasHapus
  133. Salam kenal mas … saya pendatang baru, Saya menyukai tampilan Blog Mas dengan materi yang dibahas di dalamnya. Saya akan kunjungi beberapa waktu lagi untuk melihat informasi baru dari Mas untuk tambah pengetahuan…Salam sukses

    BalasHapus
  134. Terima Kasiiiiiih.. Amat Sangat Membantu Sekali!!
    Semoga web/blog anda jadi lebih ramai karena berbagi ilmu..
    (Ilmu yang bermanfaat)

    BalasHapus
  135. sukses selalu dengan infonya sangat menarik sekali dan mantap.lam kenal aja kunjungan perdananya.maju terus........

    BalasHapus
  136. infonya keren. . . infonya sangat berguna dan menarik. . . .

    jangan lupa lihat blog saya juga. . .

    http://aboutinstallationlinux.blogspot.com/

    makasih

    BalasHapus
  137. jadi teringat sesuatu nih,,

    mksih ya atas info nya,,

    BalasHapus
  138. emz semoga kita sebgai manusia tdk mempunyai kgelapan batin.he

    BalasHapus
  139. semoga kita tidak di gelapkan batuin nya, makasih banyak buat infonya

    BalasHapus
  140. nice post.....
    smoga menjadi inspirasi postingan nya....

    BalasHapus
  141. semoga kita tidak menjadi kegelapan batin, makasih banyak buat infonya

    BalasHapus
  142. benar gan banyak di dunia nih yg udah gelap batin nya di tutupi dengan harta...semoga pada sadar agar tidak gelap batin nya...

    BalasHapus
  143. semoga kita semua dapat mengambil nasihat dari artikel ini dan menerapkannya... sayang sekali jika kita ikut terbawa gelap...

    BalasHapus
  144. jika ada kegelapan batin..., maka seharusnya ada penerang batin juga..., yaitu agama... mari kita balik ke agama..

    BalasHapus
  145. mantaap postingan nya,,

    sukses aja msa..

    HORAS...

    BalasHapus
  146. mungkin kegelapan batin itu karena ada sesuatu,,

    contohnya GILA JABATAN,,,

    hehe

    nice post

    BalasHapus
  147. kegelapan batin karena terlalu sombong

    BalasHapus
  148. nice post,Semoga semuanya sadar setelah membaca semua nih dari kegelapan batin nya..

    BalasHapus
  149. ingsalloh sesudah membaca post ini kita tidak akan gelap mata,,

    mksih ya buat info nya

    BalasHapus
  150. bisa mencerahkan hati kita agar terbebas dari kegelapan yang terselubung yang kembali terang, thx , nice post

    BalasHapus
  151. segalanya memang harus dimulai dari diri kita sendiri dulu....

    BalasHapus
  152. sipp postingan nya,,,

    salam kenal aja gan,,

    BalasHapus
  153. semoga kita semua mnjadi orang yg baik,dan di jauhkan dari batin yg gelap....

    BalasHapus
  154. Nice Article nya..semoga ja semua manusia yg gelap batin nya sadar..bahwa kegelapan batin sangt tidak baik
    salam kenal good luck

    BalasHapus
  155. Terima kasih atas wejangannya juragan.. :)

    BalasHapus
  156. harus sering introspeksi diri,

    memperbanyak kebaikan,,hehe

    BalasHapus
  157. semoga orang2 jadi pada sadar nih, udah banyak bgt orang2 yang sesat di dunia ini.

    BalasHapus
  158. nice postingannya ,gan lnjutkan gan d tunggu selanjut!!!

    BalasHapus